Fase Gugur Liga Champions Mungkin Gunakan VAR

By ommed


nusakini.com - Video Asisten Wasit (VAR) mungkin diterapkan di Liga Champions mulai fase gugur musim ini, demikian isyarat presiden UEFA, Aleksander Ceferin dan Andrea Agnelli selaku pimpinan Asosiasi Klub Eropa.

Badan tertinggi sepakbola Eropa alias UEFA sebelumnya telah mengumumkan rencana penggunaan VAR mulai musim 2019/20 mendatang, dengan kini tengah memasuki tahap akhir pengujian teknologi tersebut.

Di kompetisi domestik Eropa, VAR sudah terlebih dahulu digunakan di La Liga Spanyol. Sementara di Piala Dunia 2018 kemarin, penggunaan teknologi tersebut dianggap cukup sukses meminimalkan kontroversi.

Serie A Italia, Bundesliga Jerman, Ligue 1 Prancis juga merupakan deretan liga papan atas Eropa yang telah mengadopsi VAR. Liga Primer Inggris akan menyusul musim depan bersamaan dengan penerapan Teknologi Garis Gawang (GLT).

Dalam konferensi pers di Brussels, Selasa (20/11), Ceferin dan Agnelli kompak mengindikasikan UEFA akan mempercepat penggunaan VAR dari rencana awal yang akan dimulai musim depan.

"Kami telah mulai melakukan segala persiapan. [Pimpinan wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat baik. Ada beberapa sudut pandang penting, wasit dan aspek teknik," ujar Ceferin.

"Saya berharap adanya laporan dalam satu pekan atau lebih baru kemudian kita bisa melihat kapan kita bisa mulai menerapkannya. Paling tidak pada musim depan."

Agnelli, yang juga merupakan orang nomor satu Juventus, menambahkan: "Paling tidak pada musim depan juga berarti ada ruang untuk penerapannya dilakukan lebih cepat."

"Kami sebagai klub merasa senang dengan hal tersebut dan berterima kasih kepada UEFA atas pekerjaan yang telah mereka canangkan bersama-sama." (fft/om)